• Sate Pak Kempleng Bu Hartini, Kuliner Legendaris nan Istimewa di Ungaran Semarang


    Semarang tidak hanya istimewa dengan berbagai wisata sejarahnya seperti Lawang Sewu dan Kota Lama. Cobalah melipir ke daerah Ungaran yang memiliki banyak destinasi menakjubkan dan memanjakan mata. Belum lagi kuliner enak yang bakal menggoyang lidah. Salah satunya adalah Sate Pak Kempleng yang legendaris dan tersohor di Kota Lumpia ini.


    Legendaris dari Tahun 60-an

    Sate Pak Kempleng bukanlah nama yang asing bagi warga Semarang. Kuliner ini sudah dikenal sejak era tahun 1960-an. Pemilik awalnya berjualan keliling alun-alun dengan menggunakan gerobak pikul. Kini, bisnis sate ini telah diteruskan oleh anak cucunya. Salah satunya Bu Hartini, cucu Pak Kempleng yang menyajikan menu khas keluarga di Jalan Diponegoro No 274 Ungaran.


    Aneka Sate yang Bikin Ngiler

    Tertata rapi dalam wadahnya, Anda bakalan ngiler ketika melihat tumpukan tusuk sate sapi di kedai ini. Sebelum dipanggang, terlihat bumbu rempah sudah menempel di sela-sela daging. Jenisnya tidak hanya sate daging sapi, tapi ada lemak, paru, babat, ginjal hingga iso. Nah, jika Anda ingin mencoba semuanya, bisa pesan langsung satu porsi isi campur. Seporsinya isi 10 tusuk dengan harga sekitar Rp55.000.


    Aroma Bumbu yang Menggiurkan

    Tak hanya karena legendarisnya, kedai makan ini spesial karena tekstur daging yang empuk banget. Potongannya besar, tapi kematangannya merata. Selain tekstur dagingnya, sate Pak Kempleng ini unik karena bumbunya. Bumbu rempah ketumbar, merica dan gula aren yang membalut tusukan sate di sini. Aroma gula inilah yang membuat rasanya makin istimewa. Jika mau lebih spesial, coba dicocol dengan saus kacang yang juga dicampur dengan gula aren. Enak banget loh!


    Kedai Tersohor yang Tak Pernah Sepi Pembeli

    Buka dari jam 9 pagi hingga pukul 9 malam, tempat makan di Ungaran ini tidak hanya banjir pembeli dari penduduk lokal. Namun, wisatawan dari luar kota juga banyak yang mampir ke sini. Beberapa tokoh masyarakat, mulai walikota hingga gubernur pernah makan Sate Pak Kempleng. Selain ketagihan dengan menu satenya, tempat ini juga menawarkan aneka menu lain yang tak kalah menggiurkan. Ada sate ayam, gulai sapi, gulai kambing, tongseng sapi, tongseng kambing, dan sup iga, hingga gongso.



    [travelingyuk.com]
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    LMJ RENT CAR

    Sewa Mobil Semarang All New Armada. Ready Avanza, Xenia, Innova, Travelo, ELF dan Hiace.
    Harga murah, booking mudah, driver profesional, mobil nyaman senyaman mobil pribadi.

    ALAMAT
    Jalan Menoreh Tengah XII,
    Kelurahan Sampangan
    Kecamatan Gajahmungkur
    Kota Semarang,
    Jawa Tengah
    Kode Pos 50232

    EMAIL
    lmjrentcar@gmail.com
    TELP/SMS/WA
    081390339313
    08156599124
    081901657313