DO NOT MISS

Rabu, 22 November 2017

Beberapa Mitos Penghematan BBM yang Salah Besar


Tak dapat dipungkiri jika dalam dunia otomotif juga banyak mitos yang beredar. Salah satunya mengenai cara untuk menghemat bahan bakar pada kendaraan. Sayangnya, dari banyak mitos yang beredar saat ini sebenarnya salah besar.

Semakin mahalnya harga bahan bakar tentu membuat tips cara menghemat bahan bakar banyak dicari, termasuk mencari informasi melalui media online. Namun sayangnya banyak informasi mengenai cara menghemat bahan bakar kendaraan tak sepenuhnya benar.

Nah, dalam kesempatan ini, VIVA.co.id berhasil merangkum dari berbagai sumber mengenai mitos penghematan BBM yang ternyata salah besar:


Tidak isi tangki dengan penuh bisa memperlambat penguapan

Mencegah terjadinya penguapan memang dapat menghemat BBM. Namun apabila cara yang dilakukan adalah dengan mengisi tangki sebanyak 3/4 saja, maka hal tersebut tak akan memberi efek apa pun. Terlebih kendaraan sekarang telah dilengkapi dengan vapor recovery system yang dengan otomatis akan menekan penguapan walaupun tangki penuh.


Transmisi manual buat BBM lebih awet

Untuk kendaraan dengan transmisi manual, penghematan BBM memang bisa dilakukan dengan cara mengganti gigi perseneling. Tetapi, para pengembang teknologi mesin bertansmisi matic saat ini juga sudah melakukan inovasi supaya bisa menghemat BBM. Jadi, tak benar hanya transmisi manual saja yang bisa menghemat BBM.


Isi tangki bensin hingga luber jauh lebih baik

Mungkin saja sebagian besar dari pengguna kendaraan pribadi berpikir dengan mengisi tangki bensin hingga luber akan membuat volume BBM yang masuk lebih banyak lagi. Hal tersebut diharap bisa membuat Anda jadi lebih hemat waktu dan tak harus isi bensin sesering mungkin. Namun kenyataannya, kelebihan muatan pada tangki bensin bakal langsung dideteksi vapor recovery system dan langsung buat tangki berisi normal seperti kapasitasnya. Jadi itu langkah sia-sia.


Melakukan pengisian BBM di pagi hari agar bisa lebih banyak

Beda halnya dengan pengisian angin pada ban, melakukan pengisian BBM di pagi hari ternyata tak ada perbedaan yang signifikan. Ada anggapan mengisi BBM di pagi hari akan membuat Anda mendapat BBM lebih kental, sehingga yang masuk dalam tangki bensin menjadi lebih banyak. Padahal dari dalam tangki yang dipendam di bawah tanah di pom bensin, suhu dari BBM sudah panas. Jadi saat mengisi bahan bakar di pagi hari, tidak akan membuat perbedaan berarti.




[viva.co.id]

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © 2014 Sewa Hiace Elf Semarang 125 rb, Telp 08156599124 | Distributed By Blogspot Templates | Designed By OddThemes