DO NOT MISS

Minggu, 02 April 2017

Ini Akibat Jika Telat Ganti Oli Mesin Mobil

Oli mesin mobil, atau mesin lain, memiliki fungsi untuk membersihkan dan juga menghaluskan kerja mesin mobil atau kendaraan yang anda gunakan. Dengan penggunaan oli mesin yang baik serta masa pakai yang tepat, maka mesin akan bekerja dengan halus dan juga optimal. Oleh karenanya, pemakaian mesin juga memiliki jangka waktu tertentu.

Oli mesin yang sudah dipakai harus sudah diganti dalam jangka waktu atau jarak tempuh mesin kendaraan yang sudah ditentukan. Apabila telat diganti, atau bahkan tidak diganti sama sekali, oli mesin justru akan menjadi penyebab kerusakan untuk mesin mobil anda. Berikut ini adalah beberapa kerusakan pada mesin yang disebabkan karena telat atau lupa mengganti oli mesin mobil.

Akibat Telat Ganti Oli Mesin Mobil

Penurunan Kerja dan Kualitas Mesin
Oli memiliki fungsi untuk membantu mengoptimalkan kerja mesin. Jika tidak rutin diganti, kualitas oli mesin akan menjadi turun, semakin kental dan juga menghitam. Dengan demikian, maka fungsi oli sebagai pelumas untuk membantu mesin bekerja dengan baik juga akan menurun. Dampaknya, tentu gesekan pada mesin juga akan meningkat dan dapat menurunkan kerja dan kualitas mesin mobil.

Konsumsi BBM Semakin Boros
Sebagai pelumas mesin, maka oli mesin mobil akan mengurangi atau memperhalus gesekan yang terjadi pada komponen dalam mesin. Gesekan yang halus, akan membuat tarikan mesin semakin enteng dan kerja mesin semakin ringan. Namun jika oli mesin tidak diganti, kualitasnya yang buruk akan membuat gesekan semakin kuat dan tarikan mesin semakin berat. Akibatnya, mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar sebagai sumber tenaga.

Mesin Mobil Mudah Panas / Overheating
Oli mesin juga memiliki fungsi untuk membantu mendinginkan mesin mobil. Oli mesin yang lama tidak diganti akan memiliki kualitas yang buruk, sehingga fungsinya untuk membantu mendinginkan mesin mobil juga menjadi kurang maksimal. Akibatnya, mesin mobil akan semakin lambat untuk dingin dan berpotensi membuat mesin menjadi terlalu panas atau overheat.

Kerusakan Pada Komponen Mesin
Jika sudah terlalu lama tidak diganti, maka oli mesin yang sudah terlalu kental dan kotor akan berpotensi merusak komponen bagian dalam mesin. Contohnya saja merusak piston, dinding silinder dan juga bantalan poros engkol. Hal tersebut dikarenakan oli yang sudah buruk kualitasnya tersebut akan membuat komponen-komponen mesin harus bekerja melebihi kemampuan. Akibatnya, komponen mesin rentan rusak, tergores, karatan atau bahkan terbakar.

Akibat dari terlambat mengganti oli mesin mobil tersebut tentu akan membuat anda mengalami kerugian. Selain itu, kerusakan mesin juga bisa terjadi kapan saja tanpa diduga. Oleh karena itu, cobalah untuk mengatur waktu agar tidak sampai terlambat mengganti oli mesin mobil anda.
Sumber : www.asapmobil.com

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © 2014 Sewa Hiace Elf Semarang 125 rb, Telp 08156599124 | Distributed By Blogspot Templates | Designed By OddThemes