DO NOT MISS

Rabu, 19 April 2017

Cara Memindahkan Gigi Mobil Yang Benar

Hai sahabat sekalian, adakah diantara kalian yang saat ini sedang belajar setir mobil? Atau lagi belajar mengemudi? Salah satu teknik penting dalam mengemudi mobil ialah memindahkan gigi. Baik mobil matic maupun mobil manual, untuk membuat mobil berjalan tentu sang pengamudi harus memindahkan gigi. Nah, ternyata masih banyak teman-teman saya yang bingung cara memindahkan gigi mobil yang benar. Mereka masih ragu-ragu dan bertanya bagaimana cara memindahkan gigi mobil yang tepat, maksudnya biar mobil tidak rusak, mobil tetap berjalan dengan halus, dan tentunya Anda tetap bisa berkendara dengan aman. Bagaimana cara memindahkan gigi mobil yang benar untuk mobil transmisi manual? Bagaimana cara memasukan gigi mobil yang tepat? Yuk simak terus artikel ini hingga selesai.

Pada waktu dulu pertama kali saya belajar setir mobil, saya belajar menggunakan mobil dengan transmisi manual. Namanya saja baru pertama kali belajar, tentu banyak masalah yang saya hadapi terutama saat harus memindahkan gigi. Ada 2 masalah utama, yaitu saya masih belum hapal posisi gigi tersebut, letak gigi 1, gigi 2, dst saya masih bingung ke mana harus menggesernya sehingga seringkali saya harus melihat ke arah perseneleng gigi. Jangan ditiru! Kalaupun Anda juga begitu, ya jangan dilanjutkan! Kenapa? Karena sangat berbahaya mengemudi tapi terkadang melihat ke arah perseneleng, Anda bisa saja menabrak kapan saja.

Solusi untuk permasalahan yang pertama ini, dalam memindahkan gigi mobil untuk segala mobil, cara yang benar adalah jangan melihat ke arah perseneleng. Jika pada awal Anda belajar menyetir mobil Anda masih bingung, tentu wajar saja. Jadi solusinya ialah pahami benar posisi perpindahan gigi dan perbanyaklah jam terbang praktek Anda. Seiring waktu, Anda akan dengan mudah memindahkan arah gigi tanpa harus melihat. Bahkan tanpa Anda sadari tangan Anda sudah bergerak sendiri. Lalu lanjut ke masalah ke dua, saya sering ragu-ragu saat menginjak pedal kopling. Efek jika pedal kopling tidak diinjak penuh dan Anda mencoba memindah gigi ialah, perseneleng gigi akan sulit masuk. Solusinya ialah jangan ragu saat menginjak pedal kopling. Injak yang dalam sampai "POL", baru pindahkan gigi.

Nah berarti sekarang sudah tau kan, Cara Memindahkan Gigi Mobil Yang Benar Dan Aman Untuk Mobil Transmisi Manual? Ya! Injak pedal kopling sedalam-dalamnya, tahan terus, lalu pindahkan perseneleng gigi sesuai keinginan, jaga pandangan tetap ke depan (menatap jalan), kemudian jika gigi sudah masuk sesuai keinginan, mulailah untuk melepaskan pijakan pada kopling dengan perlahan, sambil kaki kanan menyesuaikan besar kecilnya gas. Sehingga mobil tetap melaju dengan mulus. Mudah kan? Oke, lebih baik sekarang Anda ambil kunci kontak mobil Anda dan memperbanyak jam praktek! Demikianlah ulasan Cara Memindahkan Gigi Mobil Manual Dengan Benar Dan Aman. Terimakasih.
Sumber : mobil-indro.blogspot.co.id

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © 2014 Sewa Hiace Elf Semarang 125 rb, Telp 08156599124 | Distributed By Blogspot Templates | Designed By OddThemes