DO NOT MISS

Minggu, 30 Oktober 2016

Cara Membersihkan Plafon Mobil

Plafon mobil anda kotor? Namun bingung cara yang benar untuk membersihkannya? Anda pasti sangat menyayangi mobil anda dan pastilah tidak ingin melihat mobil anda kotor, baik bagian luar atau pun bagian dalam mobil anda. Kebersihan interior mobil anda merupakan hal yang sangat penting, karena jika kotor dan bau akan mengurangi kenyamanan anda dalam berkendara.

Plafon mobil merupakan bagian dari interior mobil yang harus tetap dijaga kebersihannya, tak jarang kita menyentuh plafon mobil dengan tangan yang masih kotor atau tidak sengaja menggoresnya dengan kuku. Terlebih jika plafon mobil anda terbuat dari bahan yang sensitif, seperti bahan fabric berserat. Namun tidak boleh sembarangan dalam membersihkan plafon mobil, karena kalau salah akan menyebabkan plafon mobil anda menjadi kendur, sobek, bahkan bisa bolong.

Ada baiknya anda perhatikan langkah-langkah memebersihkan plafon mobil berikut ini agar anda dapat membersihkan plafon mobil anda secara benar tanpa membuatnya rusak. Sediakan alat dan bahan untuk membersihkan plafon mobil terlebih dahulu.

Alat dan Bahan

1. Kain

Usahakan kain yang digunakan untuk mengelap plafon mobil anda merupakan kain yang lembut dan halus, seperti kain microfiber agar tidak merusak plafon mobil anda.

2. Air

Gunakan air sebagai bahan untuk membersihkan plafon mobil anda, sebaiknya tidak menggunakan sabun atau deterjen untuk bahan pencampurnya, cukup gunakan air bersih saja

3. Cairan pembersih fabric

Alat ini dapat anda temukan di berbagai pusat perbelanjaan. Cairan ini di buat khusus plafon anda yang terbuat dari fabric (kulit hewan). Pembersih ini digunakan untuk membersihkan noda yang membandel pada plafon mobil anda.

Setelah alat bahan telah siap. Anda dapat memperhatikan langkah-langkah berikut untuk menbersihkan plafon mobil anda.
Langkah-langkah :

1. Basahi kain dengan air (tapi jangan terlalu basah) kemudian anda peras kainnya hingga air tidak menetes dari kain. Hal ini bertujuan agar plafon mobil anda tidak lembab karena plafon yang basah atau lembab akan mudah rusak dan menjadi tempat berkembangnya bakteri yang menyebabkan bau pada mobil anda.

2. Usapkan kain pada plafon anda pelan-pelan agar bahan flapon mobil anda tidak rusak atau sobek.

3. Jika plafon anda terkena noda membandel dan tidak dapat dibersihkan dengan air. Anda dapat menggunakan cairan pembersih fabric. Cukup anda semprotkan pada kain (jangan semprot langsung ke plafon mobil) lalu usapkan ke plafon mobil anda. Noda pun akan cepat hilang.

Jika flapon mobil anda jenis fabric berserat harus lebih ekstra hati-hati ketika membersihkannya karena serat pada flapon akan bangun jika anda menggosok kain terlalu kuat. Anda dapat menyelaraskan serat plafon anda dengan mengusapnya secara searah (ikuti arah serat plafon) agar serat pada plafon anda terlihat rapi dan tidak mudah rontok. Usahakan tidak menggunakan sikat untuk membersihkan plafon jenis ini karena sela-sela dari bulu sikat akan membuat serat plafon anda tertarik dan mudah rontok. Hindari juga penggunakan vacum cleaner untuk membersihkan plafon mobil anda karena memiliki daya hisap yang tinggi sehingga membuat plafon menjadi cepat kendur.

Selain itu hindari juga kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mengotori dan merusak plafon mobil anda berikut ini.

Merokok di dalam mobil
Asap rokok dapat menyebabkan bau yang tidak sedap pada atap plafon anda

Memarkir mobil di bawah terik matahari
Terik matahari juga dapat merusak plafon mobil anda, suhu panas pada atap mobil anda akan menyerap ke plafon mobil dan membuat serat plafon mobil menjadi cepat rontok.
Dengan rutin membersihkan plafon mobil anda dan menghindari kebiasan-kebiasan buruk tersebut dapat membuat plafon mobil anda menjadi lebih awet.
Sumber : carageek.com

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © 2014 Sewa Hiace Elf Semarang 125 rb, Telp 08156599124 | Distributed By Blogspot Templates | Designed By OddThemes