DO NOT MISS

Sabtu, 20 Agustus 2016

Cara Menyalip Kendaraan / Mobil Dengan Benar

Menyalip, mendahului atau memotong laju kenderaan saat kita berkendara di jalan raya itu bukan sekedar menambah kecepatan dan mengambil jalur yang kosong saja. Ada serangkaian langkah yang harus kita perhatikan. Hal ini tentu saja demi keamanan dan keselamatan anda dan pengguna jalan lainnya. Selain itu, langkah-langkah ini akan menunjukkan sopan-santun dan etika anda dalam berlalu-lintas.

Secara umum, cara memotong kenderaan yang ada di depan kita yang baik dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1.  Perhatikan lajur yang ada di sebelah kanan, khususnya ketika anda berada di jalanan dua arah / tanpa pembatas. Pastikan lajur dalam kondisi yang kosong dan sangat aman.
  2. Selanjutnya, lihat mobil atau kendaraan yang ada di hadapan anda. Apabila mobil di depan anda menyalakan lampu sein kanan, lebih baik tunda dahulu keinginan anda untuk mendahului. Lampu tersebut bisa berarti si pengemudi akan berbelok ke kanan, atau juga ada kendaraan lain di depan yang dapat membahayakan jika anda mengambil jalur kanan.
  3. Lihat kaca spion untuk melihat kondisi mobil di belakang anda, khususnya di jalur spion kanan. Jika terlihat ada kendaraan yang melaju ingin mendahului anda, maka tunggulah sampai kendaraan tersebut melewati anda dan jalur kanan kembali kosong.
  4. Saat akan menyalip mobil di depan anda, pilihlah kondisi jalan atau medan yang memadai. Sangat tidak disarankan untuk menyalip di jalur menanjak, apalagi ketika mobil memasuki tikungan.
  5. Ketika akan mulai mendahului, jangan lupa untuk menyalakan lampu sein kanan mobil anda. Lalu, dianjurkan agar menurunkan gigi 1 posisi lebih rendah. Tujuannya adalah agar torsi maksimum mesin lebih mudah dicapai dan akselerasi mobil menjadi lebih cepat.
  6. Saat dalam posisi mendahului, hindari kebiasaan yang dapat mengganggu konsentrasi anda serta pengemudi kendaraan yang anda dahului. Contohnya adalah tidak membunyikan klakson secara berlebihan dan tidak menggunakan lampu jauh yang terlalu intense. Cukup satu ada dua kali saja sebagai tanda keberadaan anda.
  7. Berhati-hati pula terhadap kendaraan yang mungkin akan mengikuti langkah anda dan mengekor di belakang mobil anda. Jangan melakukan gerakan tiba-tiba yang dapat membahayakan anda ataupun pengemudi lain seperti mengurangi kecepatan secara mendadak. Dan yang terpenting, sangat tidak dianjurkan untuk memotong kendaraan dari sebelah kiri.
Itulah langkah-langkah untuk memotong kenderaan dengan benar saat anda mengemudikan mobil. Selain itu, tentu anda harus memastikan mobil anda dalam kondisi yang baik untuk melakukan manuver tersebut. Seperti tekanan angin pada ban yang sesuai, rem serta respon tenaga mesin yang cukup.
Sumber : www.asapmobil.com

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © 2014 Sewa Hiace Elf Semarang 125 rb, Telp 08156599124 | Distributed By Blogspot Templates | Designed By OddThemes